TATA CARA MERAWAT IGUANA





     Jaman sekarang, hewan peliharaan tidak hanya seputar anjing dan kucing saja. Hewan jenis reptil ini juga sudah mempunyai banyak penggemar, salah satunya adalah iguana. Apasih iguana itu? Iguana adalah jenis kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Seperti kadal pada umumnya, iguana memiliki gigi dan kuku yang tajam yang dapat melukai manusia dan dapat memberikan 12 sampai 20 jahitan untuk setiap 1 luka. Bukan hanya gigi dan kukunya saja yang dapat melukai manusia, ekor iguana yang panjang dan bersisik juga dapat melukai manusia dengan sabetannya yang kencang. Iguana akan menyerang ketika dirinya merasa terancam.
            Sebelum memutuskan untuk memelihara iguana, calon owner iguana harus mempelajari terlebih dahulu tentang iguana dan tata cara perawatan yang baik dan benar. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara iguana. Diantaranya adalah:
  •          Perisapkan Diri

Perlu kita ketahui bahwa iguana adalah jenis reptil yang tidak berbisa namun sedikit membahayakan. Iguana dapat menyerang kapan pun jika dirinya merasa terancam.
  •          Tempat yang Nyaman

Dalam hal ini, setiap calon owner iguana harus wajib mempersiapkan kandang. Kandang yang baik untuk iguana adalah kandang yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Karena iguana tidak dapat berumur panjang jika kandangnya lembab. Iguana dapat dengan mudah terserang jamur, flu, dan beberapa penyakit lainnya.
  •          Lingkungan yang Baik

Iguana harus mendapat suplai cahaya yang baik, terutama sinar UVB atau sinar matahari.
  •          Lampu UVA dan UVB

Indonesia memiliki 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Ketika musim panas, iguana membutuhkan sinar matahari. Ketika musim hujan tiba, iguana membutuhkan lampu UVA dan UVB sebagai pengganti dari sinar matahari.

Setelah mempelajari dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk calon iguana, berikutnya adalah tentang tata cara perawatan iguana yang baik dan benar. Tapi biasanya, beda owner, akan berbeda pula cara perawatannya. Namun perawatan umumnya adalah sebagai berikut:
  • Setiap pagi, iguana harus di rendam dengan air hangat, biarkan iguana tersebut berenang dengan sendirinya. Biasanya pada saat di rendam, iguana akan membuang kotorannya. Perendaman ini hanya berlaku untuk iguana yang masih bayi yang ukurannya sekitar 30 sampai 60cm. tetapi lebih baik lagi jika iguana yang masih bayi direndam di air rebusan daun sirih. Upaya tersebut dapat mencegah iguana dari penyakit kulit seperti jamur. Untuk iguana yang sudah juvenile (remaja) sampai iguana dewasa, cara memandikannya tidak perlu direndam. Melainkan langsung saja siram dengan air, bisa air hangat atau air biasa. Setelah itu sabunkan iguana kemudian bilas kembali dengan air. Dalam hal menyabunkan iguana, tidak boleh sampai terkena mata, hidung, dan mulut. Masih sama dengan iguana yang masih bayi, iguana remaja dan dewasa pun akan mengeluarkan kotoran ketika mandi.         
  • Setelah mandi, iguana dapat langsung di jemur. Dalam hal ini, para owner harus dengan rajin menjemur iguananya. Karena vitamin D yang terkandung pada sinar matahari, sangat baik untuk pertumbuhan iguana dan proses pencernaan makanan pada iguana. Penjemuran untuk iguana yang masih bayi membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, itu pun harus tetap dalam pengawasan. Karena jika tidak diawasi, khawatir iguana tersebut akan dehidrasi dan mati. Untuk iguana remaja sampai dengan iguana dewasa, membutuhkan waktu penjemuran sekitar 15 sampai 30 menit dan tetap dalam pengawasan.
  • Setelah penjemuran selesai, baiknya iguana harus segera diberi makan. Makanan iguana berupa sayur dan buah. Adapun sayur dan buah yang aman dikonsumsi untuk iguana adalah: sawi, kangkung, wortel, tauge, buncis, labu kuning, timun, jeruk, pepaya, mangga, semangka, pisang, melon. Untuk pemberian sayur, sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar steril dari pestisida.
  • Setelah selesai makan, bermain-mainlah dengan iguana sebentar agar iguana tersebut mengenali pemiliknya.
  • Owner iguana harus rutin memotong kuku iguana dalam 1 sampai 2 minggu sekali. Karena jika tidak dipotong, kukunya dapat melukai tubuh manusia.
  • Owner iguana juga harus dengan rajin membersihkan kandang iguana. Kandang yang bersih mencerminkan iguana yang sehat dan terawat.

Itulah serangkaian tentang tata cara merawat iguana. Namun, dalam hal perawatan, banyak pertanyaan tentang “apakah iguana membutuhkan air untuk minum?” tentu saja. Sebaiknya persiapkan juga wadah air untuk dia minum, jika tidak pun juga tidak apa-apa, karena iguana sudah cukup mendapat pasokan air dari sayur dan buah yang ia konsumsi.
      Setelah membaca artikel diatas, apakah anda sudah yakin untuk memelihara hewan eksotis tersebut? Jika sudah, selamat menikmati hari-hari sebagai owner iguana. Jadilah owner yang baik dan bijak dalam merawat iguana. Jangan sampai menjadi owner yang lalai yang dapat menyebabkan iguana menjadi mati. Karena mematikan satu nyawa, tanggung jawabmu bukan dengan iguanamu yang sudah mati, melainkan dengan Tuhan.



Oleh : Alyda Hana Mahrifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar